Uraian Validasi Eksistensi Kita dalam Logika, Akal, dan Realitas

You are currently viewing Uraian Validasi Eksistensi Kita dalam Logika, Akal, dan Realitas
0
(0)

Ditulish oleh Masrifah Nasution, Pendidikan Bahasa Arab Universitas Djuanda

Validasi Eksistensi

Sebuah uraian validasi dari sebuah tindakan yang sesuai dengan apa yang dituju bahwa perlengkapan mekanisme, kegiatan, prosedur, dan tiap bahan yang telah digunakan dalam sebuah pengawasan tertentu dan produksi akan selalu mencapai hasil yang diinginkan dalam logika, akal, dan realitas.

Dapat diartikan juga bahwa uraian validasi adalah sebuah uraian langkah langkah atau prosedur sistem dalam melakukan suatu tindakan tertentu melalui filsafat dari logika, akal, dan realitas. Dan validasi juga merupakan sebuah kegiatan untuk membuktikan sebuah pekerjaan tertentu.

Validasi eksistensi adalah sebuah langkah langkah yang ada dalam diri kita untuk mewujudkan langkah langkah atau tujuan pemikiran dalam diri manusia yaitu dalam pemikiran logika, akal, dan realitas.

Logika

Logika berasal dari kata yunani kuno  yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan diucapkan oleh bahasa. Nama logika untuk pertamakali muncul pada filsuf cicero abad ke 1 sebelum masehi, Alexanderr Aphridisias sekitar permulaan abad ke 3 sesudah masehi adalah orang pertama yang menggunakan kata logika dalam arti ilmu yang menyelidiki lurus atau tidaknya sebuah pemikiran.

Kata logika sering kali kita mendengar dalam kehidupan sehari orang mengatakan berpikirlah secara logika dan bahkan mungkin kebanyakan orang tidak tahu definisi sebenarnya apa logika? Logika adalah sebuah cabang cabang filsafat yang banyak sekali macam macamnya.logika bisa diartikan  secara luas adalah salah satu kajian vola berpikir manusia secara valid atau bisa diartikan logika bisa mewujudkan  pengetahuan kedalam suatu tindakan dan kata logis itu artinya masuk akal.

Logika berasal dari  bahasa yunani yang memiliki sebuah arti  sebagai hasil pertimbangan akal dan pikiran yang diutarakan melalui sebuah kata kata yang dinyatakan dalam bentuk bahasa. Dan logika juga disebut sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari untuk seseorang bisa berpikir secara lurus , tepat, dan teratur. Dan banyak sekali definisi definisi logika menurut para ahli logika. Dan logika terbagi menjadi 2 bagian yaitu logika traditional dan moderen.

Akal

Dan pengertian akal adalah akal hanya dimilii oleh manusia untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah dalam sebuah pemikiran atau sebuah tindakan dan mengananalisis sesuatu kemampuan manusia yang sangat tergantunfg luas pengalamannya. Dan akal juga kodrat alamiah yang dimiliki manusia sejak lahir. 

Peranan akal dalam diri manusia tentu saja memiliki banyak sekali manfaat tergantung bagaimana kita menggunakannya dengan benar dan sebaik baiknya dengan diapandu dengan syariat , kalau tidak dengan adanya syariat manusi bisa saja lengah atau tersesar oleh akal pikiran yang tidak bagus.

Dan jika manusia menyalahgunakan akalnya, rusaklah muka bumi ini dan binasalah kehidupan manusia seluruhnya, terwujudnya hura hura diatas bui allah ini.

Dan adapun realitas adalah sebuah kata pembenaran atau real dalam sebuah pikiran dan sebuah kehidupan kita didunia ini.

Referensi

  1. Wahyudin.dkk.2009. pendidikan agama islam untuk perguruan tinggi jakarta, PT gramedia widiasarana indonesia
  2. Daud ali, muhammad 1998. Pendidikan agama islam , jakarta; rajawalu pers
  3. Nasution harun, akal dan wahyu dalam islam,UI,Jakarta, cetakan kedua,1986
Cara Mengutip Artikel ini

Nasution, M (2021, Juli 28). Uraian Validasi Eksistensi Kita dalam Logika, Akal, dan Realitas. Retrieved from https://mitrapalupi.com/uraian-validasi-eksistensi-kita-dalam -logika-akal-dan-realitas

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply