Solusi pengganti obat sirup tuk obati demam Anak

obat rumahan
Chinese Herbal Medicine on the table.
0
(0)

Demam umumnya tidak perlu diobati dengan obat-obatan kecuali jika anak Anda merasa tidak nyaman atau memiliki riwayat kejang demam. Demam mungkin penting dalam membantu anak Anda melawan infeksi.

Bahkan suhu yang lebih tinggi tidak dengan sendirinya berbahaya atau signifikan kecuali jika anak Anda memiliki riwayat kejang atau penyakit kronis. Bahkan jika anak Anda memiliki riwayat kejang terkait demam dan Anda mengobati demam dengan obat-obatan, mereka mungkin masih mengalami kejang jenis ini. Lebih penting untuk memperhatikan bagaimana anak Anda berperilaku.

Jika dia makan dan tidur nyenyak dan memiliki periode bermain-main, dia mungkin tidak memerlukan perawatan apa pun. Anda juga harus berbicara dengan dokter anak Anda tentang kapan harus mengobati demam anak Anda.

Saran Pengobatan untuk Demam

  • Jaga agar kamar dan rumah anak Anda tetap sejuk dan nyaman, dan kenakan pakaian yang ringan untuknya.
  • Dorong dia untuk minum cairan ekstra atau cairan lain (air, jus buah encer, larutan elektrolit oral yang disiapkan secara komersial, gelatin [Jell-O], es loli, dll.).
  • Jika ruangan hangat atau pengap, letakkan kipas angin di dekatnya agar udara sejuk tetap mengalir.
  • Anak Anda tidak harus tinggal di kamarnya atau di tempat tidur ketika dia demam. Dia bisa bangun dan berkeliling rumah, tetapi tidak boleh berlarian dan terlalu memaksakan diri.
  • Jika demam merupakan gejala penyakit yang sangat menular (misalnya, cacar air atau flu), jauhkan anak Anda dari anak-anak lain, orang tua, atau orang yang mungkin tidak dapat melawan infeksi dengan baik, seperti mereka yang menderita kanker.

Menyeka


Dalam kebanyakan kasus, menggunakan asetaminofen oral atau ibuprofen adalah cara paling nyaman untuk membuat anak Anda yang demam lebih nyaman. Namun, terkadang Anda mungkin ingin menggabungkannya dengan spons hangat, atau hanya menggunakan spons saja.

Menyeka lebih disukai daripada asetaminofen atau ibuprofen jika:

  • Anak Anda diketahui alergi terhadap, atau tidak dapat mentolerir, obat antipiretik (anti demam) (kasus yang jarang terjadi).

Dianjurkan untuk menggabungkan spons dengan asetaminofen atau ibuprofen jika:

  • Demam membuat anak Anda sangat tidak nyaman.
  • Dia muntah dan mungkin tidak bisa menyimpan obat di perutnya.


Untuk menyeka anak Anda, letakkan dia di bak mandi biasa (bak mandi atau bak mandi bayi), tetapi masukkan hanya 1 hingga 2 inci air hangat (85–90 derajat Fahrenheit, atau 29,4–32,2 derajat Celcius) ke dalam baskom. Jika Anda tidak memiliki termometer mandi, uji air dengan punggung tangan atau pergelangan tangan Anda. Seharusnya terasa sedikit hangat. Jangan menggunakan air dingin, karena akan membuat tidak nyaman dan dapat menyebabkan menggigil yang dapat meningkatkan suhu tubuhnya. Jika anak Anda mulai menggigil, maka airnya terlalu dingin. Menggigil dapat memperburuk demam; keluarkan anak Anda dari bak mandi jika dia menggigil.

Tempatkan anak Anda di dalam air—itu lebih nyaman daripada berbaring. Kemudian, dengan menggunakan waslap atau spons bersih, sebarkan lapisan air di atas belalai, lengan, dan kakinya. Air akan menguap dan mendinginkan tubuh. Pertahankan ruangan pada suhu sekitar 75 derajat Fahrenheit (23,9 derajat Celcius), dan lanjutkan menyekanya sampai suhunya mencapai tingkat yang dapat diterima. Jangan pernah memasukkan alkohol gosok ke dalam air; itu dapat diserap ke dalam kulit atau terhirup, yang dapat menyebabkan masalah serius, seperti koma.

Biasanya menyeka akan menurunkan demam satu sampai dua derajat dalam tiga puluh sampai empat puluh lima menit. Namun, jika anak Anda melawan secara aktif, hentikan dan biarkan dia hanya duduk dan bermain di air. Jika berada di bak mandi membuatnya lebih kesal dan tidak nyaman, yang terbaik adalah membawanya keluar meskipun demamnya tidak berubah. Ingat, demam kurang dari 105 derajat Fahrenheit (40,5 derajat Celcius) itu sendiri tidak berbahaya.

9 Tips Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami

  • Sup Bergizi
  • Mandi sari apel
  • Teh herbal
  • Probiotik
  • es loli buah
  • Gunakan Kompres Dingin
  • Pakaian ringan
  • Susu kunyit
  • Menjadi Hijau

Sup Bergizi

Bahaya nyata dari demam anak bukanlah demam itu sendiri, tetapi dehidrasi – efek samping yang umum. Demam anak Anda mungkin membuat mereka berkeringat berlebihan dan kehilangan mineral penting. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memastikan anak Anda minum cukup cairan sepanjang hari untuk mengimbangi elektrolit yang hilang. Semangkuk sup panas adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengurangi demam pada anak-anak secara alami. Sup tidak hanya penuh dengan vitamin dan mineral penting, tetapi juga lebih mudah dicerna oleh anak Anda. Cobalah menghindari sup instan karena buatan sendiri selalu merupakan pilihan yang paling sehat. Ada banyak resep sup yang mudah dan sehat yang bisa Anda buat dalam waktu singkat.

Mandi Sari Apel

Meskipun mandi air es adalah obat populer untuk menurunkan demam pada anak-anak dan balita, itu mungkin tidak membantu. Mandi air dingin dapat mengejutkan suhu internal anak Anda dan tidak banyak membantu menurunkan demam mereka. Mandi air hangat, di sisi lain, lebih lembut pada tubuh dan dapat menurunkan suhu tinggi dengan segera. Untuk membuat mandi air hangat lebih efektif, tambahkan secangkir cuka sari apel ke dalamnya. Ini adalah salah satu pengobatan rumah alami yang paling populer untuk demam pada anak-anak dan telah digunakan selama beberapa dekade untuk mengobati demam pada anak-anak secara alami. Anda bahkan dapat menambahkan beberapa tetes cuka sari apel ke dalam kompres hangat dan meletakkannya di atas dahi anak Anda.

Teh Herbal


Jika anak Anda menolak minum air saat demam, cobalah memberinya teh herbal. Selama tidak mengandung kafein, teh herbal sangat aman untuk anak-anak. Mereka adalah salah satu pengobatan rumah alami terbaik untuk demam pada anak-anak dan akan membuat anak Anda terhidrasi. Teh herbal juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat mengobati demam anak Anda. Teh chamomile adalah obat yang sangat populer untuk demam dan bahkan aman untuk bayi. Teh peppermint dapat membantu mengatasi perut yang buruk dan meredakan saluran udara yang tersumbat. Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh madu ke dalam teh untuk rasa yang lebih baik dan kekuatan antibakteri ekstra.

Probiotik

Ketika sistem kekebalan anak Anda bekerja keras untuk melawan infeksi, probiotik dapat membantu mengurangi demam. Hampir 80% dari sistem kekebalan Anda terletak pada mikroba kecil yang hidup di usus Anda. Untuk membantu memperkuat mikrobiota usus anak Anda ketika mereka sakit, beri mereka dosis suplemen probiotik setiap hari. Anda juga dapat memberi makan suplemen probiotik anak Anda jika mereka sedang menjalani pengobatan antibiotik untuk mencegah sakit perut. Membuat anak Anda mengambil dosis probiotik setiap hari bahkan dapat mencegah mereka jatuh sakit di masa depan.

Es Loli Buah

Jika ada satu hal yang disukai anak-anak terlepas dari apakah mereka sakit atau tidak, itu adalah es loli. Saat anak Anda sakit, jangan merasa bersalah karena memberi mereka es loli buah. Es loli dapat mendinginkan suhu anak Anda dari dalam dan sekaligus menghidrasinya. Anda dapat membuat es loli buah sendiri dengan membekukan buah yang dihaluskan dalam cetakan es loli. Meskipun gula buah alami baik-baik saja, kami sarankan Anda menolak gula rafinasi dalam es loli anak Anda. Ini bisa menjadi salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengurangi demam pada anak-anak.

Gunakan Kompres Dingin

Pereda demam alami untuk bayi antara lain menggunakan kompres dingin. Kompres dingin digunakan untuk menurunkan suhu tubuh secara signifikan. Tambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam empat sendok makan air dingin. Cuka bertindak sebagai penghilang panas. Campur bahan dengan baik. Ambil kain bersih, celupkan ke dalam campuran ini dan oleskan ke dahi bayi. Lanjutkan proses ini sampai terjadi penurunan suhu. Ini adalah obat rumahan India yang populer untuk demam pada balita.

Pakaian Tipis

Mengenakan pakaian katun tipis atau melepas lapisan pakaian ekstra dapat membantu anak kehilangan panas lebih mudah melalui kulit. Karena anak-anak tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka dengan baik, akan lebih sulit untuk mendinginkan mereka setelah kepanasan dengan pakaian berlapis-lapis. Ini akan menurunkan demam secara alami.

Susu Kunyit

Di India, menggunakan bahan-bahan dari dapur ibu untuk menyembuhkan demam selalu bermanfaat bagi semua orang. Ambil segelas susu hangat, campur satu sendok teh kunyit di dalamnya, dan buat anak Anda meminumnya. Rasanya mungkin tidak terlalu enak, tetapi manfaat kesehatannya sangat banyak. Ini adalah obat alami untuk demam pada bayi. Bahan aktif dalam kunyit disebut kurkumin dan telah terbukti memiliki efek yang sama sebagai obat anti-inflamasi. Memiliki setiap malam, akan meningkatkan kekebalan anak Anda dan mengurangi kemungkinan demam.

Anggur

Anggur mendinginkan dan menyegarkan. Ke dalam 1 cangkir jus anggur, tambahkan setengah sendok teh jinten, setengah sendok teh adas, dan setengah sendok teh bubuk cendana. Obat rumah alami untuk menyembuhkan demam ini bekerja dengan sangat baik. Obat rumahan lainnya, untuk membantu bayi pulih dari demam adalah dengan mengambil segenggam daun ketumbar. Masukkan ke dalam blender dengan sepertiga gelas air. Blender dan saring secara menyeluruh. Minumlah cairan ini 2-3 kali sehari, dan itu pasti akan mencegah demam Anda!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?