Pembelajaran Menggunakan Kartu Web Kaya Konten Untuk Belajar Lebih Menyenangkan

Evis Yoman,STKIP Surya
5
(1)

Pendahuluan
A. Latar Belakang

Tantangan terbesar bagi pengajar dalam proses pembelajaran adalah bagaimana menghadirkan atau menfasilitasi gaya belajar para murid. Hadirkan 3 gaya belajar (auditori, visual, kinestetik) dalam satu waktu merupakan masalah yang serius.Oleh karena itu pengajar ditutut agar melakukan inovasi dan pengembangan agar menciptakan suasana belajar yang efisien.

Pada era teknologi. Pengajar dapat memanfaatkanTeknologi digital yang semakin berkembang pesat ini, tapi beberapa penelitian menjunjukan kurang adanya inovasi yang membuat peserta sulit, tidak asyik, dan tidak menyenangkan pada proses pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan jambatan atau perantara informasi dari pengajar kepada peserta didik. Media pembelajaran ini sangat penting dalam mempermudah penyampaian materi dan menfasilitasi gaya belajar dalam komunikasi sebagai bagian dari pembelajaran.

Tidak hadirnya suasana belajar yang efisien dan peserta merasa sulit, tidak asyik, dan tidak menyenangkan karena banyak faktor yang terlibat yaitu kemampuan pengajar dalam mengembangkan media pembelajaran, isi konten yang tidak bervariasi, pilihan sumber yang tidak relevan, keterbatasan ruang lingkup, dan tidak terbimbing dalam akses pembelajaran. Berdasarkan masalah ini perlu ada jalan keluar oleh karena itu, penulis mengangkat hal ini dengan judul “ kartu web kaya konten”

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar masalah maka penulis merumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimana peserta dapat mengeksplor pembelajaran di web menggunakan kartu web kaya konten?
2. Bagaimana menfasilitasi tiga gaya belajar dalam satu produk Kartu Web Kaya Konten?
3. Bagaimana menumbuhkan jiwa Sosiopreneur mahasiswa dengan menciptakan web pembelajaran yang diakses melalui kartu web kaya konten?

C. Tujuan Penulisan
Dengan melihat rumusan masalah maka penelitian ini bertujuan untuk:
1. Meningkatkan kemampuan eksplorasi degan produk Kartu Web Kaya Konten. 2. Menfasilitasi tiga gaya belajar dalam satu produk Kartu Web Kaya Konten. 3. Menghidupkan Sosiopreneur mahasiswa pada produk Kartu Web Kaya Konten. D.

Manfaat Penulisan
Dari penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut;
1. Bagi siswa, hasil produk ini dapat memberikan pengalaman baru yang mampu menumbuhkan sikap semangat belajar
2. Bagi guru,sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk mengembangkan media pembelajaran selanjutnya
3. Bagi sekolah, untuk meningkatkan pembelajaran pada mata pelajaran kimia 4. Bagai mahasiswa, dapat menghidupkan jiwa enterpreneur mahasiswa sehingga mahasiswa menjadi lebih aktif dan produktif

Ide Gagasan

A. Kartu Web Kaya Konten(KW-KK)
kartu web kaya konten adalah sebuah kartu yang didesain untuk memudahkan para peserta didik akses kapan saja dan dimana saja. Produk ini juga menfasilitasi 3 gaya belajar (auditori, visual, motorik). Produk ini memudahkan para siswa dapat belajar kapan saja karena ukurannya yang kecil dapat diisi dalam saku celana atau dapat diselipkan dalam cover handphone. Produk ini menganti posisi buku cetak yang tidak mudah dibawa dengan bebas.

B. Web (belajar bersama)
Web belajar bersama adalah sebuah web berbasis online yang tersedia dalam produk KW-KK , yang menyedikan kelas-playschool, sekolah dasar, sekolah menengah sampai dengan SMA kelas 12. Masing-masing kelas memiliki sub kelas A. B dan

C. Adanya sub kelas berjutuan untuk memberikan materi sesuai tingkatan pemahaman peserta didik.6 Dan
menguranggi terjadinya rasa bosan karena siswa yang sudah mengerti harus menunggu teman yang belum mengerti. Selain itu pembimbing mengarahkan siswa belajar dalam kelompok. Pada kelompok siswa di gabungkan berdasarkan level kemampuan misalnya siswa yang kurang mengerti dengan teman yang mampu agar
Setiap sub kelas ditagani oleh satu orang pengajar.Jadi jika jumlah kelas 39 maka jumlah pengajar 39 juga. Tapi kemudian pada pembahasan ini penulis fokus pada jenjang SMA,dikarenakan pertimbangan-pertimbangan seperti kelas playschool tidak mungkin dapat belajar mandiri seperi yang diharapkan.

C. Sosioperneur
Sosiopreaner terlihat dari hubungan kerjasama atar pengajar dengan para murid. Murid/viewer memperoleh ilmu sambil mengumpulkan e mony kepada penyedia konten. Jika memandang dari sudut pandang bisnis maka Kartu Web Kaya Konten adalah jenis bisnis Jasa. Jasa dalam bentuk ilmu atau konten yang di sajikan pengajar pada web. Sedangkan pembeli jasa adalah para murid yang belajar mengakses melalui Kartu Web Kaya Konten atau di google melalui kata kunci atau link.

D. Mekanisme Penghasilan
penghasilan menjual saja bisa didapatkan melalui dua cara yaitu ;Personal dan Tim.
a. Personal
Pada bagian ini seorang pengajar mengunci konten pada web sehingga para pengakses harus bayar terlebih dahulu sehingga seorang pengajar, guru, atau mahasiswa menghasilkan uang.
b. Dalam tim
Pada bagian ini bersifat jangka panjang uang dihasilkan dari pengujung yaitu para murid, orang tua, guru, mahasiswa dan siapa saja. Dana itu terkumpuil sebagai e- many dan dikonfersi menjadi dolar. Dana yang dihasilkan dibagi rata oleh pengajar.

E. Inovasi hybrid
Inovasi hybrid adalah komponen yang didapatkan dari Kartu Web Kaya Konten. Pada kartu web kaya konten ini,tersedia materi dalam bentuk tulisan, video, audio, dan gambar serta link dari berbagai sumber. untuk mengetahui Proses pembelajaran di web juga tersedia ruang tanya jawab dan quis, sehingga interaksi guru dan siswa menjadi interaktif.

F. Keuntungan
Keuntungan yang didapat dari hadirnya “Kartu Web Kaya Konten” adalah;
1) Para murid eksplor dengan produk Kartu Web Kaya Konten
2) Memberikan kebebasan kepada peserta didik belajar kapan saja dan dimana saja.
3) Memberikan ruang agar para murid mendadalami materi yang belum mengerti dengan baik.
4) Mendapatkan bimbingan dari tim tanya jawab
5) Mendapatkan ini konten yang kaya
6) Mendapatkan materi yang bervariasi dari berbagai sumber
7) Dapat menguji pemahaman para murid tersebut dengan nilai quis. Jika belum bagus bisa diulang sampai habis batas.

G. Harapan
Besar harapan bahwa ide ini, dapat diterapkan melalui kampus keguruan dilakukan oleh UKM sebagai program jangka panjang dan keberlanjutan.

PENUTUP
A.Kesimpulan
Berdasarkan uraian Ide Kartu Web Kaya Konten dapat membantu dan mendorong keinginan pemerintah (LLDIKTI WILAYH IV) melalui kampus keguruan dilakukan oleh UKM kampus. Meningkatkan kemampuan eksplorasi menfasilitasi tiga gaya belajar, dan menghidupkan Sosiopreneur pada produk Kartu Web Kaya Konten.

B. Saran
Dengan melihat gagasan Kartu Web Kaya Konten maka dapat penulis sarankan adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengembangkan karakter minat dan bakat mahasiswa yang berkelanjutan maka sangat perlu pemerintah (LLDIKTI WILAYAH IV) menfasilitasi dalam bentuk Program pembimbingan UKM kampus keguruan.
2. Dapat diterapkan juga pada kampus-kampus selain keguruan sesuai kebutuhan untuk meningkatkanmahasiswa yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif yang berkelanjutan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Kartu-Internet.jpg