Pelajari Cara Menghasilkan Lebih Banyak Uang Dengan Seni

You are currently viewing Pelajari Cara Menghasilkan Lebih Banyak Uang Dengan Seni
5
(2)

Ditulis oleh Windy Apriliani, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Djuanda

Seni merupakan sebuah keahlian membuat beragam karya, baik secara 2 dimensi, 3 dimensi, 4 dimensi, atau 5 dimensi. Di era modern ini banyak sekali seniman-seniman yang menggunakan berbagai platfrom digital untuk menunjukkan hasil karya nya. Siapa sangka, di zaman modern ini memudahkan mereka sebagai seniman dalam mengekspresikan diri dalam menunjukkan beragam karya yang mereka hasilkan. 

Pada masa pandemi, sangat sulit untuk mencari lapangan pekerjaan terutama di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Medan. Banyak perusahaan atau perkantoran yang memulangkan kembali karyawannya ke rumah. Bahkan ada perusahaan yang harus gulung tikar akibat perekonomian yang semakin menurun. Bukan hanya karena faktor itu, teknologi yang semakin canggih juga sebagai penyebab  perusahaan-perusahaan memulangkan karyawannya. Para petinggi perusahaan berspekulasi bahwa tenaga mesin lebih optimal dari pada tenaga manusia, yang bisa saja kian hari kian menurun. Hal ini juga yang menyebabkan semakin sempitnya lapangan pekerjaan.  

Sebagai manusia cerdas, kita juga tidak boleh kalah dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Setiap orang mulai berlomba-lomba mencari kesempatan dari berbagai celah untuk menunjukan eksistensinya. Baik seniman, penjahit, desainer, layanan jasa, dan profesi lainnya.

Melalui berbagai platfrom digital ini lah kalian sebagai seniman bisa mulai bekerja, mereka bisa mulai menghasilkan uang tanpa harus menyewa tempat. Dengan ini, kalian bisa lebih banyak menghabiskan waktu  untuk keluarga. Ada beragam hal yang bisa di lakukan seniman melalui platfrom digital, seperti :

  1. Menjual Karya Melalui Online

Di era modern, sudah banyak orang yang kecanduan belanja online dari pada offline. Belanja online memudahkan pelanggan untuk memesan barang pokok ataupun barang yang mereka inginkan di sela-sela waktu sibuk mereka. Banyak sekali pernak-pernik lucu yang menjadi incaran kaum hawa. Seperti dekorasi dinding, karikatur, buket, painting number, alat musik, dan banyak kesenian lainnya.

Para seniman bisa membuka lebih dari satu toko online seperti di shopee, lazada, tokopedia, JD Id, dan olshop lainnya. Semakin banyak barang yang d iupload dalam olshop, semakin tinggi kesempatan kita untuk bersaing dengan seniman lain. Tidak sedikit para penjual kesenian yang sudah meraih untung ratusan bahkan jutaan rupiah. Bahkan, jika toko-toko online mereka sudah memiliki banyak pelanggan, tidak sedikit yang memperkerjakan karyawan di rumah baik untuk pengemasan ataupun membantu membuat karya seni. Jadi, selain menjual barang para seniman juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Selalin melalui online shop, kalian juga bisa menjual hasil karya yang kalian buat melalui situs web. Kalian bisa membeli 1 domain dengan nama toko yang ingin kalian gunakan, jangan lupa untuk masukan keywoard yang tepat agar memudahkan pelanggan untuk menemukan produk-produk yang ada di web kalian. Semakin banyak orang yang melihat web kalian, semakin besar pula kemungkinan bahwa ada pelanggan yang tertarik pada produk yang kalian tawarkan. 

Kalian juga bisa menjual barang-barang hasil karya yang kalian buat melalui market place yang tersedia di akun soasial media milik mu seperti instagram dan facebook. Atau kalian bisa menjual barang hasil karya kalian melalui grup jual beli yang tersedia di facebook.

Kalian harus mencantumkan detail produk kalian agar memudahkan pelanggan dalam memilih produk yang sesuai. Jangan lupa cantumkan foto produk dengan jelas, usahakan foto yang kalian pajang adalah realpict agar tidak membuat kecewa pelanggan saat menerima hasil karya mu ya. Juga lakukan pengemasan produk dengan rapid an teliti, agar hasil karyamu sampai di tangan pembeli dengan aman.

  1. Menjual Karya Melalui Platfrom Foto

Fotografi bisa menjadi hoby yang sangat menguntungkan bagi kalian yang senang berpetualang. Banyak tempat cantik yang bisa kalian abadikan sambil menghasilkan uang. Kini sudah banyak platfrom digital yang bisa memamerkan hasil jepretan kamera para seniman yang dapat menghasilkan uang. Contohnya seperti Getty Images, Freepik, Unsplash, Pixabay, dan lainnya. Cara nya mudah, seniman cukup melisensikan atau menjual hasil fotonya melalui platfrom tersebut. 

Tentunya tidak sedikit orang yang akan mengunduh hasil karya mu. Banyak orang yang senang mengoleksi foto-foto indah atau aestechtic, terutama kaum muda-mudi. Tidak hanya di luar lingkungan sekitar, tapi di sekitar tempat yang kita kunjungi pun bisa kita jadikan sebagai foto-foto aestechtic. Sebenarnya foto aestechtic tidak haruslah berada ditempat yang indah. Barang-barang disekitar mu bisa juga dijadikan sebagai foto aestachtic. Kalian harus pandai-pandai mengambil angel foto yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Membuka Workshop Online

Bagi seniman yang ingin membagi ilmu, namun memiliki jadwal yang super padat. Kalian bisa mencoba salah satu cara ini. Workshop online bisa dilaksanakan 3-4 jam dalam sekali pertemuan. Kegiatan ini tentunya tidak terlalu memakan waktu ya. Bagi kalian yang memiliki jadwal padat dihari kerja, kegiatan workshop bisa dilaksanakan saat weekend untuk mengisi waktu luang. Tentunya hal ini bisa dilaksanakan dirumah. Jadi kalian tidak perlu repot berpergian kesana kemari. Para seniman cukup menyiapkan alat dan bahan untuk mendukung kegiatan ini berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk menginfomasikan juga kepada para peserta workshop peralatan apa saja yang akan digunakan, agar mereka bisa menyiapkan nya sebelum kegiatan workshop dimulai.

Kalian bisa saja sesekali berkolaborasi dengan seniman lain saat kegiatan workshop berlangsung, hal ini tentu akan menyenangkan dan tidak membosankan. Hal ini juga bisa menjadi pengalaman dan pengetahuan baru bagi kalian. Bagaimana cara mendapatkan peserta workshop?? Kalian bisa melakukan dengan cara menyebar pamplet kegiatan workshop diakun sosial media kalian. Kalian juga bisa meminta bantuan teman atau orang-orang terdekat untuk menyebarkan pamplet yang kalian buat. Cantumkan hari, tanggal, nama kegiatan, temapt pelaksanaan, dan nomer handphon kalian dengan jelas di dalam pamphlet. Jangan buat tulisan terlalu kecil agar memudahkan semua orang dalam membaca informasi yang kalian kirim.

  1. Mengajar Kelas Online

Jika kalian ingin membagikan ilmu yang kalian miliki, tentunya kalian bisa menjadi guru seni yang banyak orang idam-idamkan. Kalian bisa melaksanakan kegiatan ini melalui zoom meet, google meet, atau aplikasi lainnya. Kalian bisa memasang iklan class online melalui akun sosial media yang kalian miliki, seperti instagram, youtube, facebook, twitter, whatsapp, line, dan akun sosial media lainnya. Kalian bisa membuat poster semenarik mingkin untuk dipasang diiklan sosial media untuk menarik siswa ke dalam kelas online yang kalian buat.

Sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, pastikan kamu sudah menyiapkan materi yang akan disampaikan, jangan lupa informasikan kepada setiap siswa alat dan bahan apa saja yang akan digunakan pada kelas hari tersebut. Pastikan setiap siswa sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, karena jika tidak, mereka akan kesulitan saat kegiatan praktik dimulai.

Kalian bisa mengelompokkan kelas berdasarkan kemampuan yang mereka miliki, hal ini bertujuan untuk memudah kan guru saat menyampaikan materi pembelajaran. Bayangkan, jika didalam kelas seni mu siswa berketerampilan melukis dan music disatukan. Tentunya akan membingungkan guru saat menyampaikan materi yang diperlukan. Oleh karenanya, sebaiknya kelas dikelompokkan berdasarkan kemampuan sisiwa, agar para siswa bisa focus pada bidang yang akan mereka lakukan. 

  1. Berbagi Kreativitas Seni Melalui Berbagai Konten

Banyak sekali seniman yang merangkap jadi youtuber. Biasanya para seniman ini membagikan tutorial-tutorial karya seni mereka yang berdurasi 3-10 menit. Baik kerajianan tangan, atau konten lainnya. Banyak juga seniman-seniman muda yang mulai unjuk gigi menampilkan bakat-bakat mereka. Mulai dari mengcover lagu idol terkenal, membuat film pendek, dan beragam hal lain. Kalian harus bisa membuat konten sekreatif mungkin, dengan judul yang menarik agar membuat penonton tertarik untuk menyaksikan konten yang kita buat.

Melalui konten-konten ini lah nantinya para seniman akan menghasilkan uang. Semakin banyak jumlah viewers suatu konten, maka akan semakin tinggi pula royalti yang mereka dapatkan. Agar kalian mendapatkan penonton yang setia, kalian harus rajin membuat konten menarik. Misalnya 1 pekan atau 2 pekan sekali kalian mengupload konten baru agar menarik minat penonton lain. Jangan membuat konten yang berulang atau monoton, hal ini akan membuat penonton setia kalian pergi menuju konten yang lebih menarik.

Sesekali kalian bisa berkolaborasi dengan youtuber yang menampilkan konten berbeda dari konten milik mu, itu bisa saja menjadi hal yang menarik bagi penonton konten setiamu. Barang kali dengan melakukan hal ini, penonton setia mu akan semakin bertambah.

  1. Menulis Buku Tutorial Seni Kreativitas

Tidak semua orang bisa menuangkan apa yang mereka fikirkan melalui kata-kata. Namun, bagi seniman yang juga senang menulis kalian bisa mulai membuat buku tutorial pembuatan karya seni. Seperti pembuatan barang daur ulang, diy dekorasi kamar, dekorasi ruang tamu, karya seni 3D, dan beragam karya lainnya. Tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca ya. Karena kadang kala ada beberapa orang yang sulit memahami isi bacaan, jadi kalian harus bisa menyesuaikan tulisan yang kalian buat akan kalian targetkan pada pembaca kalangan seperti apa. Akan kah kalangan muda mudi, anak-anak, atau orang dewasa. Akan lebih mudah lagi jika kalian melampirkan gambar pada tiap step kegiatan yang harus dilakukan serta alat dan bahan yang digunakan ya.

Jika kalian kesulitan, kalian bisa meminta bantuan orang terdekat untuk menyusun rangkaian kata yang akan kalian tulis. Jangan lupa untyuk membuta cover buku yang menrik minat pembaca ya, kalian bisa belajar membuat cover buku dari yotube, atau kalian bisa mencari referensi dari buku-buku yang pernah kalian temui.

Nah itu tadi adalah hal-hal yang bisa seniman lakukan untuk menghasilkan uang di masa pandemi dengan memanfaatkan platfrom digital. Jangan menyerah sebelum mencoba, kita tidak tau dari pintu mana Tuhan akan mengirimkan rezeki. Jangan pernah berkecil hati saat apa yang kalian lakukan tidak sesuai dengan yang di harapan ya. Saat ada batu besar yang menghalangi, jangan pernah berputar arah, tapi coba jalan lain yang bisa kalian tempuh untuk sampai di puncak. Kalian harus menikmati dan menghargai setiap proses kehidupan. Jika kalian bisa melakukannya, artinya kalian orang hebat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply