Parafrasa

0
(0)

Parafrasa adalah pengungkapan kembali suatu konsep dengan cara lain tanpa mengubah maknanya. Parafrasa dipakai oleh penulis untuk memberi penekanan yang agak berlainan dari penulis asli.

Setiap kali Anda memparafrasekan, penting untuk mengutip sumbernya. Anda juga harus berhati-hati untuk tidak menggunakan kata-kata yang terlalu mirip dengan aslinya. Jika tidak, Anda dapat berisiko melakukan plagiarisme.

Manfaat menguasai keterampilan parafrasa

Keterampilan parafrase akan membantu Anda meningkatkan kualitas dan salinan makalah dan postingan Anda. Keterampilan tersebut akan meningkatkan efektivitas konten Anda dengan menjadikannya komprehensif dan eksklusif untuk audiens target Anda.

Metode parafrase juga dapat membantu Anda dalam mengkomunikasikan ide yang telah diungkapkan atau ditulis dalam istilah Anda. Akibatnya, tidak ada ambiguitas, dan pendekatan parafrase mencerahkan konten untuk membuatnya lebih jelas.

  • Meningkatkan memori Anda

Untuk mengekstrak makna dari konten, Anda harus lebih memperhatikannya saat parafrase. Ini memudahkan Anda untuk mengingat detailnya dan mengingatnya nanti.

  • Meningkatkan pemahaman konten

Anda memparafrasekan detail dengan mengulanginya dengan kata-kata Anda sendiri. Untuk memahami materi, Anda membacanya lagi dan lagi. Kemudian, dengan menyatakan kembali apa yang telah Anda baca dengan kata-kata Anda sendiri, Anda dapat memeriksa kembali pemahaman Anda. Metode ini meningkatkan kesadaran Anda dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konten.

  • Meningkatkan imajinasi Anda


Latihan parafrase akan membantu Anda menulis lebih kreatif. Lagi pula, tujuannya bukan hanya untuk menulis ulang sebuah kalimat tetapi untuk membuatnya lebih menarik dengan menambahkan sentuhan kreatif tertentu. Saat Anda memparafrase, Anda harus mencari istilah dan frasa tertentu untuk menangkap makna materi. Ini akan memberikan otak Anda latihan kosakata yang baik.

  • Memperluas kosakata


Parafrase adalah cara lain untuk membantu Anda memperluas kosa kata Anda jika Anda mencoba untuk melakukannya. Selain itu, Anda harus hati-hati memilih kata-kata yang paling tepat untuk mengungkapkan arti dari dokumen tersebut. Ini mungkin jenis latihan otak yang berbeda.

Tahapan parafrasa

  1. Bacalah bagian itu beberapa kali untuk memahami artinya sepenuhnya
  2. Catat konsep utama
  3. Tulis versi teks Anda tanpa melihat aslinya
  4. Bandingkan teks parafrase Anda dengan bagian aslinya dan buat sedikit penyesuaian pada frasa yang tetap terlalu mirip
  5. Kutip sumber di mana Anda menemukan ide tersebut

Cegah plagiarisme dengan parafrasa

Saat melakukan parafrase, Anda harus berhati-hati untuk menghindari plagiarisme yang tidak disengaja.

Ini bisa terjadi jika parafrase terlalu mirip dengan kutipan aslinya, dengan frasa atau seluruh kalimat yang identik (dan karena itu harus dalam tanda kutip). Itu juga bisa terjadi jika Anda selah mengutip sumber parafrase dengan teknik citation yang benar.

Untuk memastikan Anda telah memparafrasekan dan mengutip semua sumber dengan benar, Anda dapat memilih untuk menjalankan pemeriksaan plagiarisme sebelum mengirimkan makalah Anda. Pemeriksa plagiarisme Turnitin memindai makalah Anda dan membandingkannya dengan basis data sumber yang luas. Ini menyoroti setiap bagian yang terlalu mirip dengan sumber lain, bahkan ketika strukturnya telah diubah atau sinonim yang digunakan.

Tool Parafrasa Online

Pharaphraser.io

Phraphraser adalah parafrase berbasis AI yang dikembangkan dengan teknologi mutakhir. Itu menulis ulang artikel, rewords kalimat, dan parafrase teks. Ini juga berfungsi sebagai penulisan ulang untuk menghapus plagiarisme. Tool ini melayani berbagai bahasa. cek tautan berikut phraphraser.io

Editpad

PrepostSeo

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply