Membuat karya ilmiah

0
(0)

Sebagai seorang akademis, berpikir ilmiah merupakan sebuah bentuk kesadaran atas fenomena-fenomena yang terjadi di diri maupun lingkungan sekitar. Fenomena yang terjadi bisa saja menjadi persoalan yang telah terpecahkan maupun menjadi persoalan baru untuk kemudian dipecahkan, Berpikir ilmiah dituangkan ke atas sebuah karya ilmiah yang patut dipertanggungjawabkan.

Karya ilmiah adalah karangan yang memaparkan pendapat, hasil pengamatan, tinjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu yang disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan, bersantun bahasa, dan isi yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Pendapat, tinjauan, dan penelitian yang disampaikan merupakan jawaban atas persoalan yang ditentukan oleh diri pribadi. Misalnya, Dilingkungan sekitar rumah terdapat pusat belajar baca tuk anak.

Menentukan Masalah

Keberadaan pusat belajar baca tuk anak memang terkesan bukanlah sebuah masalah. Namun jika kita berpikir secara ilmiah, maka kita akan menemukan sebuah permasalahan. Permasalahan yang mungkin timbul antara lain

  • Hikmah apa yang dapat diberikan pusat belajar baca anak?
  • Mengapa anak perlu belajar di pusat belajar baca?
  • Bagaimana menjalankan pusat belajar baca yang efektif?

Berpikir ilmiah bukanlah berarti untuk kepo atau mencampuri urusan orang lain. Melainkan, seorang akademisi dapat menemukan dan membagikan pemikirannya atas fenomena yang terjadi agar menjadi referensi bagi keilmuan di seluruh dunia.

setelah satu permasalahan dipilih, seorang akademis harus menuliskan ke dalam sebuah struktur karya ilmiah

Struktur karya ilmiah

karya ilmiah dituliskan dalam tiga bagian dan daftar pustaka.

Pendahuluan
Sebagai awalan, pendahuluan berisikan gambaran fenomena secara umum mengenai topik permasalahan yang diangkat. misalnya hikmah apa yang dapat diberikan pusat belajar baca anak? dapat dituliskan dengan menceritakan gambaran pusat belajar menurut peraturan perundangan, menurut para ahli pendidikan, dan menurut fakta yang terjadi di sekitar anda.

Pembahasan
Umumnya, pembahasan terdiri atas subjudul-subjudul yang menjelaskan secara berurutan dari hal yang general kepada hal yang spesifik. Selain itu, dapat juga menjadi sebuah gambaran jawaban atas permsalahan pada pendahuluan. misalnya hikmah apa yang dapat diberikan pusat belajar baca anak? Maka akan dituliskan subjudul antara lain sederet manfaat yang dapat ditemukan seperti 1) membantu orang tua mengajarkan anak membaca, 2) memberi lapangan kerja baru untuk para guru, dan seterusnya

Simpulan

Sobat, simpulan merupakan pernyataan ringkasan dari pendahuluan hingga penyebutan poin-poin pentung pembahasan. Simpulan dapat juga memunculkan saran atau rekomendasi untuk permasalahan yang belum terpecahkan ke pada akademisi lainnya.

Daftar Pustaka

Selanjutnya ,daftar pustaka merupakan daftar referensi yang digunakan selama proses pencarian jawaban atas masalah yang dibahas. Umumnya referensi dapat berupa artikel ilmiah, hasil seminar, buku, koran, website, peraturan perundang-undangan dan seterusnya.

Oleh karena itu, berikut adalah beragam ide permasalahan yang dapat anda pecahkan dalam sebuah karya ilmiah. Pilih salah satu permasalahan berikut untuk dijawab. Dalam setiap judul dibawah ini, anda dapat menemukan saran subjudul pembahasan.

Judul Karya Ilmiah

  1. Cara belajar bahasa inggris menggunakan teka teki silang
  2. Cara belajar bahasa inggris menggunakan lagu
  3. Cara belajar bahasa inggris menggunakan cerpen
  4. Cara belajar bahasa inggris menggunakan puzzle
  5. Cara belajar bahasa inggris menggunakan novel
  6. Cara belajar bahasa inggris menggunakan koran
  7. Cara belajar bahasa inggris menggunakan kemasan makanan
  8. Cara belajar bahasa inggris menggunakan poster
  9. Cara belajar bahasa inggris menggunakan puisi
  10. Cara belajar bahasa inggris menggunakan kata mutiara (ungkapan bijak)
  11. Cara belajar bahasa inggris menggunakan youtube
  12. Cara belajar bahasa inggris menggunakan podcast
  13. Cara belajar bahasa inggris menggunakan radio
  14. Cara belajar bahasa inggris menggunakan social chat (whatsapp, telegram, dst)
  15. Cara belajar bahasa inggris menggunakan komik
  16. Cara belajar bahasa inggris menggunakan surat formal
  17. Cara belajar bahasa inggris menggunakan surat informal

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply