Memahami Latar Belakang Ilmu Pengetahuan Zaman Sekarang

You are currently viewing Memahami Latar Belakang Ilmu Pengetahuan Zaman Sekarang
5
(1)

Ditulis oleh Neng Siti Farhatul Azizah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Djuanda

LATAR BELAKANG 

Perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman sekarang sangat cangih dan juga sanagat pesat  dan teknologi yang ada di indonesia sudahlah modern bukan tradisional lagi pada zaman sekarang ilmu pengetahuan juga bisa di bilang sangat modern dan teknologi yang digunakan bukan hanya sekedar teknologi tetapi teknologi pada zman sekarang benar-benar sudah canggih.contoh teknologi yang di pakai oleh anak kecil,remaja,dewasa dan juga orang tua iyalah handphone,hanndphone pada zaman sekarang sudah benar-benar cangih yang dulu bisa dibilang hanya telepon rumah sekarang beralih kepada telepon gemgam, dengan berbagai brand ternama yang menjadi persaingan ekonomi dan juga adanya aplikasi modern untuk berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung.

Pada zaman sekarang juga ilmu pengetahuan dan teknologi bukanlah hanya sekedar ilmu pengetahuan pada zaman sekarang ilmu pengetahuan sudah mencoba inovasi-inovasi baru baik dari ilmuan maupun mahasiswa yang terus dikembangkan oleh para ilmuan agar generasi bangsa juga bisa membuat atau menghasilkan teknologi yang modern.teknologi yang modern tidak hanya berkembang di bidang komunikasi saja tetapi dibidang-bidang lain seperti transportasi seperti kereta api MRT transportasi bebas rel dan juga transfortasi kereta api listrik yang sudah ada sebelumnya dan kedua kereta api tersebut memiliki daya tamping yang berbeda MRT Hanya 628 dan kereta apai listrik 1950 penumpang dalam rngkaian kereta api.perkembangan zaman pada masa sekarang ini tidak hanya didalam bidak tranformasi kan teknologi saja tetapi dalam bidang komunikasi dan pendidikan juga menjadi modern. Perkembangan pada zaman sekarang ini banyak sekali perubahan-perubahan besar yang kita alami sekarang kita harus bisa membentegi diri kita gar kita tidak dapat terjerumus kedalam hal-hal negative dan kita bisa mengambil kedalam hal-hal positif 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia terus memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya”.Untuk mengetahui seberapa jauh perubahan yang terjadi pada seorang siswa yang mengikuti suatu pendidikan, selalu diadakan penilaian dari hasil belajarnya. Penilaian terhadap hasil belajar seorang siswa untuk mengetahui sejauh mana telah mencapai sasaran belajar inilah yang disebut sebagai prestasi belajar. 3 Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilakukan selama jangka watu tertentu. Dengan memperhatikan prestasi belajar inilah maka dapat diketahui kemampuan dan kualitas belajar siswa. Tingkat prestasi belajar akan memberikan sumbangan yang berarti bagi tercapainya kesuksesan di masa depan.

Melalui prestasi belajar inilah seorang siswa dapat mengetahui kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dalam belajar. Prestasi belajar merupakan hasil dari pengukuran yang meliputi faktor kognitif, afektif, dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes atau instrumen yang relevan. Pencapaian prestasi belajar yang baik dapat dilakukan melalui suatu proses belajar mengajar yang baik, yakni dengan memperhatikan faktorfaktor yang mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar. Faktor yang terdapat dalam diri siswa adalah intelegensi, motivasi, minat, bakat, kondisi fisik, sikap, dan kebiasaan siswa. ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern terdiri dari faktor jasmani, psikologis dan kelelahan, 4 misalnya kesehatan, kondisi tubuh, Intellegence Quotient (IQ), minat, perhatian, bakat dan kematangan. Sedangkan faktor ekstern terdiri dari faktor keluarga dan sekolah, misalnya faktor orang tua mendidik anak, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, metode mengajar, bahan dan sarana prasarana.

PEMBAHASAN 

Yang sudah dijelaskan pada pendahuan tadi bahwa di indonesia  Pada zaman sekarang ilmu pengetahuan yang berada di indonesia dan juga yang berada di dunia sudah menggunakan teknologi yang sangat modern. Baik dari bidang transformasi maupun bidang industry dan teknologi pada zaman sekarang sudah tidak diragukan lagi dengan kecangihn ilmlu pengetahuan sekarang yang terus berkembang dari tahun ke tahun pada zaman ilmu pengetahuan dahulu teknologi yang masih digunakan hanya teknologi tradisional teknologi pada zaman dahulu dalam bidang transformasi yaitu hanya dengan berjalan kaki tanpa menggunakan kendaraan perbedaan pada zaman sekarang bahwa teknologi transformasi perlahan-lahan naik menjadi teknologi modern dengan adanaya sepeda, sepeda motor, mobil pribadi, mobil angkutan umum,kereta dan juga pesawat, kapal,ini adalah bukti transformasi yang cangih dari zaman kezaman dengan banyak penemuan baru oleh para ilmuan-ilmuan yang menciptakan hal-hal yang baru.

Dari segi teknologi banyak sekali perubahannya mulai dari adanya handphone,computer, laptop, televisi yang dulu hanya sekedar mendengarkan di radio menjadi bisa melihat gambar dan bisa mendengarkan suara. Dan pada zaman dahulu yang dulu mereka ingin berkomunikasi menggunakan surat dan kini sudah menggunakan telepon genggam yang bisa berkomunikasi secara langsung dengan seseorang yang akan dituju .mapun berkomukasi secara tidak langsung. pada zaman inilah perkembangan zaman yang begitu pesat dari zaman tradisional. Dan pemerintahpun sangat-sangat mendukung perkembangan zaman pada zaman sekarang,bukan hanya sekedar mendukung tetapi pemerintahpun ikut terjun dalam perkembangan zaman pada masa kini. Contoh dalam perkembangan pendidikan yang ada diindonesia dulu seorang guru menggunakan kapur untuk menulis kini sudah menggunakan spaidol untuk menulis dan menggunakan power point dalam menjelaskan ilmpu pengetahuan kepada anak muridnya.

Perubahan zaman pada masa kini dan pada masa lau mempunyai sisi negative dan sisi positif, pada sisi negatifnya karena sudah adanya handphone anak menjadi kecanduan handphone  dengan bermain game online, dan dengan adanya teknologi yang pesat anak sangat mudah mencari sesuatu yang negative seperti vedio porno yang banyak sekali di handphone khususnya pada aplikasi youtube dan lain-lain. Disinilah perlu adanya pengawasan dar orang tua yang benar-benar harus diawasi oleh orang tua agar anak tidak melihat sesuatu yang tidak ditontonnya.pada zaman sekarang juga banyak sekali postingan postingan yang tidak menuruti akhlak dan aqidah dalam islam seperti memakai pakaian seksi yang bisa diiru oleh anak kecil yang masih polos dan bekum mengerti mana yang harus dilakukan mana yang tidak harus dilakukan. Pada zaman ini juga dengan adanya aplikasi seperti facebook,Instagram dan lain lain banyak sekali orang yang sudah tidak tau malu,dan banyak yang mempamerkan harta dengan menggunakan aplikasi tersebut .secara tidak langsung Ini semuanya bisa menghancurkan generasi bangsa dalam etika, sopan santun dan lain-lain dan disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan.

Dalam sisi positif banyak sekali yang dapat kita ambil seperti sekarang kita tidk susah lagi untuk berkomunikasi denga  seseorang, sekarang bisa menggunakan handphone untuk berkomunikasi secara langsung dengan seseorang yang akan kita tuju. Dan juga dalam transformasi kita sudah tidak susah lagi untuk berpergian yang dulu hanya jalan kaki kini sudah ada sepeda motor,mobil,kereta api,pesawat kapal dan juga sepeda yang tidak menggunakan mesin. Dalam pembelajaran disekolah banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil untuk media pembelajaran sekrang anak anak sekolah tidak hanya sekedar menggunakan buku dan pensil saja kini sudah ada laptop dan computer agar dapat mempermudah pengerjaan tugas yang disuruh oleh bapa ibu guru.

Dan untuk mengerjakan rapot juga guruh sudah menggunakan computer untuk menjumlah hasil belajar yang ada di sekolah, dalam masa pandemic ini dengan sekolah daring di rumah tapi kita masih bisa bertatap muka satu dengan yang lain dengan cara menggunakan zoom miting, google meet dan lain-lain yang bisa dilakukan pada zaman sekarang  dan Ini adalah bukting perubahan zaman dari waktu kewaktu.pada zaman inilah peran orang tua sangat sangat penting dibutuhkan karena hanya orang tua kita lah yang tau apa yang kita lakukan mulai dari hal besar sampai dengan sekarang. Mulai dari apa yang kita lakukan baik atau salah yang kita lakukan harus dalam pengawasan orang tua.orang tua lah yang harus bisa mendidik anaknya kepada jalan yang benar agar anak tidak salah pergaulan yang bisa pergaulan negative yang sudah tidak asing lagi seperti yang kita dengar. Banyak sekali yang menjadi korban pemerkosaan, pembunuhan dan lain lain. Dan peran pemerintah juga sangat dibutuhkan agar anak bangsa ini menjadi anak bangsa yang diharpkan pemerintah pun harus memperketat kedislipnan untuk mencgah hal-hal yang negative.dan peran guru disekolah harus menjadi guru yang mendidik karakter anak bangsa bukan mencontohkan hal-hal yang negative kepada sang murid, guru harus bisa menanamkan sikap Pancasila kepada sang murid dan mengenalkan murid dengan tuhan  agar selalu ibadah dan patuh terhadap agamanya dan juga bisa menjadi pribadi yang baik yang diharapkan oleh setiap orang tua yaitu akhlak yang mulia 

KESIMPULAN 

Perkembangan ilmu sesungguhnya tidak bisa dilepaskan dari rasa keingintahuan yang besar diiringi dengan usaha-usaha yang sungguh-sungguh melalui penalaran, percobaan, penyempurnaan, dan berani mengambil resiko tinggi sehingga menghasilkan penemuan-penemuan yang bermanfaat bagi suatu generasi dan menjadi acuan pertimbangan bagi generasi selanjutnya untuk mengoreksi, menyempurnakan, mengembangkan, dan menemukan penemuan selanjutnya. Faktor-faktor inilah yang kemudian menjadi spirit dan motivasi bagi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Hal penting yang perlu dicatat dalam hal ini adalah bahwa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan harus diimbangi dengan pengembangan moralitas spiritual, karena sebagaimana kita tahu bahwa Ilmu pengetahuan hakekatnya adalah bebas nilai, tergantung bagaimana manusia mempergunakannya. Ilmu pengetahuan bisa berdampak positif, tetapi ia juga dapat memiliki dampak negatif bagi kehidupan manusia. Dampak positifnya adalah dapat semakin mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam kehidupan manusia, sementara dampak negatifnya adalah dapat menghancurkan tatanan kehidupan manusia itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

Karim, A. (2014). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Metodologi Penelitian. Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 2(1), 273–289. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/563

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply