Kontribusi Terbesar Pengetahuan Untuk Kemanusiaan

You are currently viewing Kontribusi Terbesar Pengetahuan Untuk Kemanusiaan
5
(2)

Ditulis oleh Nuril Nuraeni Apriliyanti, Pendidikan Bahasa Arab Universitas Djuanda

Di sebut cahaya sebab ilmu pengetahuan inilah yang menyinari manusia dari kegelapan dan menjadi petunjuk jalan benar yang baik untuk di tempuh. Tanpa adanya ilmu pengetahuan maka manusia akan hidup dalam kebodohan dan kesesatan.

Ilmu pengetahuan adalah sumber kehidupan bagi manusia yang di pergunakan untuk mendukung tugasnya sebagai khalifah di bumi. Dengan ilmu pengetahuan manusia bisa memelihara,melestarikan dam memakmurkan bumi. Ilmu pengetahuan menjadikan pekerjaan yang terasa berat menjadi ringan, jarak yang sangat jauh terasa dekat, selain itu ilmu pengerahuan mampu membuat manusia berinovasi dan berkembang, dengan ilmu pengetahuan manusia bisa memahami kekuasaan Allah SWT dengan baik serta menjadikan mangsia lebih mulia dari mereka yang sekedar ahli ibadah. 

 Kontribusi terbesar pengetahuan untuk kemanusiaan ilmu pengetahuan,filsafat dan agama adalah tiga unsur yang mengarahkan manusia untuk mencapai tujuan hidup ketiganya memberikan kontribusi yang besar untuk manusia. Ilmu pengetahuan terus berkembang seiring dengan perkembangan manusia itu sendiri, khususnya terhadap pemikiran manusia. Dengan ilmu pengetahuan manusia dapat memecahkan masalah,memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan. Ilmu pengetahuan merupakan suatu pemahaman yang di dapatkan manusia melalui penelitian atau penemuan yang tersusun secara sistematis dan daoat diuji melalui metode-metode tertentu. Ilmu merupakn kunci utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari, secara sadar atau tidak semual hal yang kita lakukan sehari-hari menggunakan ilmu. 

Dengan memiliki ilmu, manusia mampu melakukan hal-hal yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun oranglain. 

Ilmu pengetahuan menjadi kekayaan mental yang cukup berharga karena ilmu pengetahuan yang cukup bisa menjadi sumber jawaban dalam berbagai persoalan hidup, bahkan mengatasi atau memecahkan beberapa masalah. Ilmu pengetahuan membantu manusia untuk memahami segala hal yang terjadi dalam kehidupan secara jelas dan rinci, jadi manusia itu sendiri bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi dari suatu hal-peristiwa yang akan terjadi selain itu kontribusi pengetahuan memberikan dampak yang nyata terhadap kehidupan mansusia, secara bertahap permasalahan manusia sudah mulai bisa di atasi begitu juga keingainan manusia untuk menelurusi pengetahuan yang lebih jauh dapat di capai, seperti keinginan manusia mendaki bulan mengadakan komunikasi antar benua dan lain sebagainya.  Dapat di katakan bahwa ilmu pengetahuan merukapan kemampuan untuk menaklukan alam semesta dan kehidupan ini bagi kepentingan hidupnya.  Dengan perkembangan ilmu pengetahuan setiap orang di harapkan dapat mengembangkan kemampuannya. Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah pendukung utama yang sangat berkontribusi untuk manusia dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi maka dengan cepat bisa mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup serta budaya suatu bangsa. Kecepatan arus ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan cepat membanjiri kita seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerapnya dengan filter mental dan sikap kritis. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu etos keilmuwan umat islam yang sangat tinggi. Ilmu pengetahuan bukan hanya basa-basi, karena hal itu telah di laksanakan dan di praktekan oleh parah ulama atau kaum terpelajar islam yang luar biasa jumlahnya. Sebenarnya banyak sekali sarjana-sarjana muslim yang tampil dalam panggung sejarah, perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan di barat merupakan imbas dan terpengaruh oleh kemajuan yang terjadi di dunia islam. Untuk mendatkan ilmu pengetahuan itu sendiri tentu harus mengenyam pendidikan karena pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis. Oleh karena itu, perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan budaya kehidupan. Pendidikan mencakup seluruh kegiatan yang melibatkan peserta didik da n pendidik dalam usaha pembimbingan guna mencapai tujuan tertentu yang telah di tetapkan sebelumnya. Melalui proses belajar mengarjlah ilmu pengetahuan itu akan di dapat dan itu yang akan berkontribusi untuk manusia di masa yang akan datang 

Daftar Pustaka

https://raharja.ac.id/2020/11/19/ilmu-pengetahuan/

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply