Kesenian Tradisi Bogor

You are currently viewing Kesenian Tradisi Bogor
0
(0)

Ditulis oleh Rosdyana Purwantini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Djuanda

Kesenimanan Seniman

Berkesenian merupakan suatu aktivitas kreatif dari perilaku manusia selama hidupnya. Proses perjalanannya memerlukan keajegan ( pola hidup teratur dan statis dan tetap secara kurun waktu tertentu) Prinsip dan pandangan hidup yang merupakan modal dasar para seniman dalam kiprahnya menciptakan suatu karya. Hal ini dipertegas oleh pernyataan berikut: prinsip dan pandangan hidup bagi seorang seniman merupakan modal dasar dalam mewujudkan integrasinya dengan lingkungannya, keteraturan hidup, keluluhan,dan ketergantungan dan keterhubungan dan bahwa prinsip hidup itu senantiasa harus kompromis dengan situasi dan kondisi.

Setiap orang yang beraktivitas harus mempunyai keberanian,yang didukung dengan ilmu pengatuhuan yang cukup. Keberanian disini dalam arti tidak takut disalahkan dan dicemoohkan orang lain.tanpa  memiliki keberanian seseorang tidak akan pernah bisa menghasilkan sesuatu.adapun yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan mencakup  persyaratan yang wajib dimiliki  oleh seorang seniman. Menurut Mulyana (2007:38) terdapat beberapa prinsip untuk menghasilkan suatu karya,yang pertama harus memegang teguh prinsip kekaryaan seperti unity,harmoni,sekwen,transisi. Kedua berpegang teguh pada norma norma masyarakat seperti; adat, cara, dan kebiasaan-kebiasaan. Kreativitas dalam seni kerap kali menjadi topik perbincangan dalam konteks pengembangan kesenian kata kunci tersebeut erat kaitannya dengan sumber daya manusia dan sumber daya kultural keduanya slaing terkait dengan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang layak atau mumpuni dengan sumber daya manusia seperti itu potensi SDK  akan terangkat nilai nilainya baik nila ideal maupun yang berhubungan dengan nilai komersial.

Kedua konteks pengembangan budaya local saat ini perlu dan penting nilai ideal memiliki arti dalam membangun brand atau pencitraan, sedangkan nilai komersila memiliki arti bagi kehidupan SDM yang hidup dalam jagat kesenian. Nilai nilai ideal itu terdapat didalam budaya local yang bernama kesenian tradisi dan nilai nilai komersial itu adanya dalam ranah industri dalam hal ini insan seni suka tidak suka harus menyandingkannya bagiamana cara mengangkat kesenian tradisi ke ranah industri  dengan tidak mereduksi dan mengikis warna dan isi tradisinya.

Pernyataan tersebut disimpulkan bahwa orang yang beraktivitas jangan takut disalahkan,bila ada yang menantang tetap berpegang teguh terhadap aturan aturan yang menjadi patokannya.seni ini bersifat intuitif jadi setiap orang bebas untuk berkarya. Meskipun dibebaskan, aturan atau pakem tetap diikuti agar tidak ke luar dari aturan aturan tersebut. Mewujudkan sebuah karya merupakan hasil dari kerja kreativitas seorang seniman dalam menghasilkan sebuah karya seni. Maka karya seni merupakan “ wujud indrawi yang membangkitkan pengalaman perasaan tertentu pada diri seseorang (Caturwati,2004:8).

Pada kesempatan ini saya akan membahas 15 cara memperkanalkan seni. Seni yang saya ambil yaitu seni tari. Karena pada zaman sekarang seni memiliki keterlumpuhan, pada webinar bimtek seni tari saya mengutip kata kata dari narasumber Bapak Raden Atang supriatna S.Sn.,M.Pd beliau berkata bahwa untuk seni tradisi di bogor mengalami kelumpuhan sehingga butir butir seni tradisi semakin hari semakin hilang. Padahal dapat dipahami tradisi adalah  sebuah bentuk perbuatan yang dilakukan berulang ulang dengan cara yang sama. Memahami seni tradisi secara holistik adalah memahami seni secara komprehensif. Artinya memahami seni tradisi tidak semata mata sebagai kesenian yang berdiri sendiri, juga memahami kaitannya dengan aspek aspek lain secara keseluruhan.

memahami seni tradisi secara holistik, setidaknya memahami seni tradisi dari 3 aspek . aspek seniman pelakunya sebagai pencipta atau pelaku senu,aspek karya seni itu sendiri dan aspek publik seni sebagai penikmat karya seni. Memahami seni tradisi dari aspek seniman sebagai pencipta karya seni, artinya memahami pemikiran pemikiran seniman  atau lebih tepatnya memahami konsep berkarya si seniman.seniman dalam menciptakan karya seni, berangkat dari konsep konsep yang dibangunnya. Memahami suatu seni tradisi bisa berangkat dari pendekatan ini. Setelah memahami konsep berkarya dari si seniman , orang bisa memahami karya snei dengan lebih baik. Konsep berkesenian merupakan pemahaman si seniman dalam menciptakan karyanya,aspek ini meliputi idiom idiom yang ia gunakan dalam mengexspresikan gagasan gagasan seninya.

Pembahasan 

Seni tradisi harus dilestarikan karena itu adalah salah satu kekayaan seni yang diberikan oleh leluhur kita, kesenian tradisi yang ada di kabupaten Bogor ,Jawa Barat khususnya karena semakin hari semakin menghilang,Hal tersebut sebenrnya tanpa disadari oleh masyarakat Bogor. Contoh halnnya adalah ANGKLUNG GUBRAG. Tetapi angklung gubrak adalah salah satu Salah satu Angklung yang masih bertahan sampai saat ini. Angklung Gubrag yang berasal dari Kecamatan Cigudeg, Kabupaten .

Angklung yang digunakan dalam media ritual merupakan angklung buhun atau angklung tua pada masyarakat Sunda.Angklung yang termasuk tua mempunyai ciri-ciri yaitu mempunyai ukuran yang besar sekitar setengah sampai satu meter, instrumen yang digunakan hanya enam buah angklung dan dogdog, tidak menampilkan tarian, serta bahan bambu yang digunakan harus melalui proses pemilihan yang sesuai dengan tradisi. Berdasarkan ciri tersebut, Angklung Gubrag termasuk ke dalam salah satu angklung buhun. Perkembangan Angklung Gubrag sebagai seni tradisional mengalami tantangan perubahan zaman. Masyarakat yang sudah berpikir modern mulai meninggalkan semua kegiatan yang bersangkutan dengan mistis dan adat istiadat karena dianggap kuno.

Dalam bidang kesenian, terjadi permasalahan yang menyangkut selera masyarakat. Sebagian besar masyarakat mulai beralih pada seni modern karena keseniankesenian tradisional yang ada masih dirasakan terdapat kekurangan  Salah satu contoh nyata mengenai perubahan zaman tersebut adalah ketika tempat-tempat penyimpanan padi (leuit) yang dahulu dianggap penting dan sakral mulai ditinggalkan. Masyarakat yang mengenal teknologi mengganti leuit dengan tempat penyimpanan yang lebih praktis. Perubahan pemikiran tersebut, berpengaruh kepada kesenian Angklung sendiri. Semenjak leuit kehilangan fungsinya di tengah masyarakat, maka hal tersebut menyebabkan upacara ritual untuk menghormati padi mulai ditinggalkan karena dianggap tidak terlalu penting dan berpengaruh terhadap hasil panen.

Berdasarkan permasalahan di atas, penulis tertarik untuk mengkaji mengenai perkembangan Angklung Gubrag. Alasan pertama yakni kesenian tradisional Angklung pada umumnya tumbuh pada masyarakat kampung adat. Berbeda dengan kesenian Angklung lainnya, Angklung Gubrag tumbuh pada masyarakat yang tidak menganut sistem adat. Berdasarkan hal tersebut, perkembangan Angklung Gubrag di tengah masyarakat akan berbeda dan menarik untuk dikaji. Kesenian Angklung Gubrag telah mengalami pasang surut, berbagai generasi telah berupaya terus menerus untuk menghidupkan kesenian Angklung Gubrag agar tetap bertahan. Kesenian Angklung Gubrag yang sekarang  masih ada dan berkembang belum begitu dikenal oleh masyarakat setempat pada umumnya.

Selain angklung gubrag ada salah satu kesenian yang sekarang sudah jarang di tampilkan yaitu Drama tari pdahal drama tari dapat membantu proses pembelajaran karena mengandung cerita sejarah yang akan disampaikan biasanya drama tari menceritakan tentang sejarah sejarah yang ada di indonesia seperti sejarah kerajaan leluhur sunda. Proses kretivitas dalam dunia tari tidak hanya mengetahui teorinya saja tetapi harus dilakukan dengan tahapan tahapan praktik melalui eksplorasi,evalusi,dan komposisi.

Dapat dilihat dari penjelasan di atas kita sebagai generasi bangsa tentunya tidak ingin kesenian angklung gubrag hilang. Adapun cara cara yang bisa kita lakukan adalah pertama mempelajari dan mecari tau tentang kesenian angklung gubrag dengan mencari tau di berbagai sumber internet misalnya, sebenernya untuk kita sebagai anak minelial ini gampang untuk mendapatkan informasi tersebut tidak harus datang langsung ke pupuhu angklung gubrag tetapi alangkah baiknya kita datang ke pupuhu angklung gubrag atau ke sanggar sanggar tradisi yang ada di kabupaten bogor ataupun diluar kabupaten bogor.

Kemudian  dinas pariwisata bisa juga melakukan ajang pertujukan kesenian tradisi, sebenarnya dikabupaten bogor sudah ada ajang tersebut yaitu helaran. Selain itu melakukan kegiatan mewajibkan setiap sekolah memiliki eskul kesenian. Melakukan penataran tari dan karawitan kepada guru guru untuk diberikan kembali kepada siswanya.

Diadakannya seni pertunjukan di media internet dengan mecakup semua masyarakatr bisa melihat itu semua. Membagikan informasi kepada orang lain dengan mengobrol santai membahas tentang seni . Mengadakan kompetisi terjadwal agar masyarakat selalu ingat seni tersebut dan timbul rasa ingin mengetahui. mendirikan sanggar seni tari merupakan upaya dalam mengembangkan dan meperkenalkan seni, sanggar merupakan wadah untuk berkarya dan menampung para masyarakat yang mau belajar tentang kesenian baik tari,karawitan tradisi. Mencari tau tentang tokoh tokoh kesenian dan membaca mengenai biografinya.

Contohnya adalah pak aim salim beliau adalah seniman yang berkecimpung didnia tari. Adapun Tarian yang pernah beliau buat adalah tari srikandi yudha yang menggambarkan nilai nilai wanita indonesia yang di angkat dari kisah pewayangan mahabarata. Tarian ini diciptakan pada tahun 1984 dan masih banyak yang lainnya Dan masih banyak kegiatan kegitan yang berlinai positif untuk dilakukan dalam mengembangkan dan memperkenalkan seni daerah. Di zaman sekarang sudah mulai kehilangan sosok seorang seniman dan digantikan oleh konten kretor. Masih banyak pertanyaan mengenai perbedaan konten kreator dan seniman.

Akhir Kata 

Indonesia merupakan negara yang  kaya akan budaya tradisional khususnya di bidang seni tari dan tradisi Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu seperti tari,lukisan,ukiran. Seni melipiti banyak kegiatan manusia dalam menciptakan suatu karya. Kesenian angkung gubrag yang makin hari makin hilang dari permukaan menbuat cemas para seniman angkung gubrag. Tetapi angklung gubrak adalah salah satu Salah satu Angklung yang masih bertahan sampai saat ini. Angklung Gubrag yang berasal dari Kecamatan Cigudeg, Kabupaten .

Angklung yang digunakan dalam media ritual merupakan angklung buhun atau angklung tua pada masyarakat Sunda.Angklung yang termasuk tua mempunyai ciri-ciri yaitu mempunyai ukuran yang besar sekitar setengah sampai satu meter, instrumen yang digunakan hanya enam buah angklung dan dogdog, tidak menampilkan tarian, serta bahan bambu yang digunakan harus melalui proses pemilihan yang sesuai dengan tradisi. Seperti yang telah di bahas di atas banyak cara mempertahankan snei tradisi dengan meperkenalkan kesenian tersebut.

Kita sebagai generasi bangsa harus peduli dengan kesenian miliki kita, terkadang anak milenial malu dalam memperkenalkan budaya kita karena musiknya kuno dan sebagainya. Padahal dalam musik musik tersebut memiliki folosofi yang mendalam tentang kesenian bangsa ini. Pertama tama memang kita harus mengetahui sejarah dan arti arti dari kesenian tersebut agar kita bisa tau maksud dan tujuan dengan adanya kesenian tersebuat apa. Semoga apa yang saya tuangkan dapat memotivasi pembaca.

Referensi

  1. Raden Atang supriyatna S.Sn.,M.Pd,seni tradisi dalam sumber penciptaan,bimtek,2021
  2. Riyana Rosilawati,proses kretivitas dalam tari sunda,juni 2021 Perpustakan ISBI 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply