Croffle Penggabungan Antara Bahan Croissant dan Cetakan Waffle

Raudhatul Fadilah,Institut Teknologi Garut
0
(0)

Perkenalkan nama Aku Raudhatul Fadilah yang berasal dari daerah Garut. Perkembangan industri kuliner sudah tidak diragukan lagi, khususnya di Indonesia sendiri. Menkonsumsi makanan yang sehat dan lezat merupakan komponen utama bagi para konsumen. Selain itu, berbicara kuliner banyak dari kalangan kita mengikuti apa saja yang viral di media sosial, karna anak milenial saat ini khususnya Aku yang ingin selalu merasa gaul dan tidak mau ketinggalan zaman menjadi alasan kuat untuk mencoba berbagai makanan yang viral, salahsatu nya croffle dan tidak sedikit dari mereka yang menjadi food vlogger.

Hmm food vlogger? Apa tuh? Food vlogger adalah pekerjaan yang mengambil atau merekam gambar makanan dan memberikan keuntungan untuk orang yang melakukannya, biasanya dibagikan di YouTube (Suhaiela, 2020). Melihat pesatnya food vlogger ini semakin memperlihatkan bahwa dunia teknologi memberikan dampak yang cukup tinggi di industri kuliner.

Salahsatu makanan yang sering viral dan ikut mewarnai dunia kuliner hingga banyak dicari oleh food vlogger adalah Croffle. Tidak hanya rasa nya yang terkenal manis, beberapa pengusaha croffle ini kerap menyajikannya dengan menggunakan berbagai toping menarik seperti es krim, coklat cair, dan masih banyak lagi. Sebelum mengetahui lebih jauh, yuk kita simak sejarah croffle yang bisa terkenal hingga bertahun – tahun.

Korea Selatan mengenalkan croffle yang merupakan gabungan dari adonan croissant dan cetakan waffle. Gabungan makanan dan alat ini dikenal dengan tren food hybrid atau hibrida makanan, dimana tren ini masih terus berlangsung sampai saat ini dan banyak diterima oleh masyarakat (Kencana, 2021).

Croffle ini mulai terkenal sejak pertengahan tahun 2020 hingga saat ini dan croffle merupakan salahsatu jenis makanan pastry. Tapi kok bisa sih tiba – tiba terkenal? Yups, karna dikenalkan oleh salahsatu penyanyi asal Korea Selatan yang kemudian membuat banyak orang penasaran hingga terkenal ke berbagai negara, dan Indonesia termasuk kedalamnya (Aditya, 2021).

Setelah itu, mulai banyak pengusaha baru membuka usaha croffle di berbagai daerah yang dikenalkan oleh food vlogger asal daerah masing – masing. Hingga tahun – tahun berikutnya croffle ini terus dikenalkan dan selalu viral atau kata anak zaman sekarang itu suka fyp. Salahsatu food vlogger yang ikut mengenalkan croffle adalah Hendry Jonathan, dia membagikan video dan meriview makanan croffle terenak yang ada di kelapa gading Jakarta ini pada akun youtube nya yaitu pada 29 November 2021 lalu yang ditonton kurang lebih sebanyak 15rb orang. Dia juga menyebutkan kalo topping untuk croffle ini ada dua jenis yaitu yang asin dan yang manis, untuk topping rasa asin ini rasanya mirip seperti pizza sedangkan
untuk topping yang rasa manis ada delapan pilihan berbagai macam topping.

Selain Hendry Jonathan yang langsung meriview ditempat penjual croffle, beberapa food vlogger lainnya seperti Tasyi Atasyi dan Jessica Jane pun ikut memberikan resep pembuatan croffle ini dan penontonnya mencapai hingga 1,8juta penonton. Mereka menyebutkan bahwa croffle ini merupakan makanan yang sedang viral dan food vlogger lainnya juga ikut
meramaikan makanan ini.

Croffle ini dibuat dengan menggunakan bahan – bahan yang sehat, berikut adalah kandungan dari satu croffle yaitu, diantaranya :
 Kalori: 272 gram
 Lemak: 14 gram
 Natrium: 313 mg
 Karbohidrat: 31 gram
 Serat: 1,7 gram
 Gula: 7,5 gram
 Protein: 5,5 gram


Dikarenakan croffle selalu menggunakan topping yang sebagian besar mengandung gula, maka menkonsumsi croffle ini ga boleh terlalu banyak karna dari gula tersebut kalo terlalu banyak bisa menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas (AP, 2021).

Croffle ini dapat menjadi ide peluang usaha bagi mahasiswa karena modalnya yang tidak begitu mahal dan keuntungan yang didapatkan cukup besar. Menurut pemilik PT. Toffin Indonesia yang merupakan pengusaha penyedia solusi hotel, restoran, dan kafe menyebukan kalo untuk satu croffle modal bahan baku nya kurang lebih Rp. 5000 (Utama, 2021).

Untuk mahasiswa yang ingin memiliki usaha dengan modal yang kecil dan keuntungan yang besar, croffle yang merupakan inovasi hybrid ini dapat dijadikan salahsatu pilihan usaha yang baik. Ditambah dengan kemudahan teknologi yaitu youtube dan tiktok yang bisa ikut mengenalkan usaha croffle ini semakin memudahkan makanan ini cepat terkenal.

Croffle merupakan makanan hasil inovasi hybrid yaitu penggabungan antara bahan croissant dengan menggunakan alat waffle. Croffle ini biasanya dihidangkan untuk sarapan di beberapa negara eropa. Seiring perlembangannya, croffle ini banyak digunakan sebagai camilan sehat.

Croffle juga termasuk kedalam makanan yang baru dalam industri kuliner. Croffle terkenal sejak tahun 2020 hingga saat ini. Croffle juga banyak diminati oleh berbagai kalangan terutama anak muda. Di Indonesia croffle dikenalkan oleh banyak food vlogger, karena anak milenial akan mengikuti apa saja yang viral di media sosial, salahsatu nya croffle ini.

Berkat para food vlogger ini, semakin banyak pengusaha croffle di berbagai daerah. Di Indonesia sendiri, croffle tidak dikonsumsi untuk sarapan aja, tapi untuk camilah disiang hari atau malam hari. Selain itu, para pengusaha croffle banyak menambahkan topping yang rasanya manis atau yang rasanya asin.

Croffle ini selalu diserbu oleh kalangan anak muda, maka usaha croffle ini dapat menjadi ide terbaik yang dapat diwujudkan oleh mahasiswa, terlebih modal yang dibutuhkan sedikit dan keuntungan yang didapatkan lumayan besar, maka usaha ini dapat dipertimbangkan untuk diwujudkan. Dibantu dengan teknologi, ini memudahkan dalam digital marketing atau
pemasaran untuk croffle .

Selain rasanya yang dipercaya enak, croffle juga mengandung gizi yang cukup banyak. Tetapi, mengkonsumsi croffle terlalu banyak dapat mengakibatkan diabetes dikrenakan kandungan gula pada topping yang cukup banyak. Dengan begitu usaha croffle ini dapat menjadi ide usaha dan inovasi bisnis untuk mewujudkan mahasiswa pengusaha yang berjiwa sosial.

Daftar Pustaka

  • Suhaiela. (2020, Maret 04). Mau Jadi Food Vlogger? Intip 5 Langkah Berikut Ini. Diambil kembali dari https://www.popbela.com: https://www.popbela.com/lifestyle/food/shella-bahfein/cara-menjadi-food-blogger/1
  • Utama, P. (2021, Agustus 12). Peluang Usaha Kuliner Croffle, Berapa Modalnya? Diambil kembali dari https://bisnis.tempo.co: https://bisnis.tempo.co/read/1493763/peluang-usaha-kuliner-croffle-berapa-modalnya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Croffle.jpg