Analisis Musik sebagai Bahasa

You are currently viewing Analisis Musik sebagai Bahasa
0
(0)

Ditulis oleh Nurma Maulida, Pendidikan Bahasa Arab Universitas Djuanda

Pendahuluan

Berkembangnya teknologi di Indonesia menjadikan banyak hal berubah, terutama dalam hal seni musik. Musik menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat yang sudah terbiasa dengan mendengarkan nada-nada indah yang dilantunkan oleh penyanyi. Bisa disebut sebagai pecinta musik. Biasanya dengan mendengarkan musik mereka bisa mengungkapkan rasa yang tersimpan didalam hatinya. Banyak dari jumlah manusia yang ada didunia ini melakukan hal tersebut. 

Musik adalah bunyi yang disusun sehingga mengandung irama-irama, lagu, nada yang indah, dan keharmonisan terutama yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Setiap irama yang dijadikan sebagai seni musik pasti mempunyai tujuan tertentu yang ingin disampaikan kepada para pendengar/pecintanya. Sehingga musik menjadi pelampiasan seseorang dalam menghadapi kehidupan, baik kehidupan si pengarang musik atau pun si pecinta musik(1). Seperti yang sudah penulis sampaikan bahwa musik mengandung beberapa hal seperti irama, lagu, alat-alat musik yang bisa menghasilkan suara dan sebagainya. Dengan hal tersebut pengarang musik memiliki kekhasan tersendiri dalam menciptakan suatu karya dalam seni musik. 

Dalam pembelajaran, musik menjadi media dalam meningkatkan kegembiraan siswa dalam belajar baik dikelas maupun diluar kelas. Karena pembahasan yang disampaikan menggunakan irama menjadikan siswa lebih mengerti dan mudah untuk memahami materi yang disampaikan.

Pembahasan

Pada umum nya komunikasi itu penting dalam menjalankan kehidupan. Karena komunikasi merupakan proses penyampaian pesan antar dua orang atau lebih. Pesan yang disampaikan bisa berupa komunikasi lisan, tulisan, dan lainnya. Dalam berkomunikasi pasti menggunakan bahasa yang baik. Menguasai dan mengembangkan berkomunikasi dengan bahasa yang baik bisa meningkatkan kemampuan berhubungan dengan berbagai macam orang yang ada disekitar. Dan juga bisa menciptakan dan mengembangkan hubungan yang harmonis. 

Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang memiliki sifat arbitrer yang digunakan oleh sekelompok orang untuk berinteraksi, bekerja sama dan mengidentifikasi diri. Dari pemaparan tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwasanya bahasa itu digunakan oleh sekelompok orang yang ada disuatu daerah. Setiap daerah atau tempat pasti memiliki ciri khas bahasanya masing-masing. Karena di Indonesia banyak beragam suku, budaya dan lainnya. Begitupun dengan seni musik, setiap daerah atau tempat pasti memiliki kekhasan masing-masing dijadikan sebagai penanda daerah tersebut. 

Setiap daerah memiliki banyak sekali ragam bahasa, memiliki perbedaan irama, perbedaan dalam pengucapan bahkan sampai ke perbedaan arti. Maksudnya yaitu kata yang sama tetapi memiliki arti yang berbeda. Itulah kehebatan yang maha kuasa dan juga keindahan dunia. Tetapi yang akan penulis sampaik dalam tulisan ini tentang analisis sebuah musik yang dijadikan sebuah bahasa. 

Penulis menyadari akan kekurangan dalam tulisan ini, tetapi penulis juga menyadari tidak ada yang sempurna. Pada hakikatnya kesempurnaan hanya milik sang maha kuasa.

Musik yaitu segala bunyi yang dihasilkan dengan sengaja oleh sekelompok orang karena ada tujuan tertentu atau pesan yang ingin disampaikan tetapi melalui irama-irama yang indah sehingga orang-orang yang mendengarnya bisa menikmati dengan indah dan mudah untuk dipahmi.(2) Tanpa disadari nada-nada yang indah yang diatur dalam sebuah musik memiliki efek yang sangat besar bagi kehidupan. Dalam kesempatan ini penulis akan menganalisis tentang musik sebagai bahasa. 

Seperti yang sudah disampaikan bahwasanya musik menjadi alternatif seseorang dalam mengungkap perasaan nya. Secara tidak langsung dalam hal tersebut bisa dikatakan bahwasanya musik itu bagian dari bahasa. Selain karena irama nya yang bisa dinikmati, musik sebagai bahasa juga dapat menjadi alat komunikasi yang dapat menyentuh dan mudah untuk diterima disemua kalangan. 

Musik dikatakan sebagai bahasa bahkan bahasa yang universal karena dapat diterima oleh semua kalangan. Seperti yang sudah disampaikan penulis, musik sebagai bahasa bisa menjadi alat untuk berekspresi dengan menyatukan antara bahasa dengan bunyi. 

Musik memiliki peranan penting dalam kehidupan. Dalam kehidupan ekonomi musik bisa menjadi alat untuk mencari kebutuhan untuk meningkatkan pemasukan perekonomian. Dalam segi sosial musik bisa menjadi alat penyampai pesan dan aspirasi sosial yang dipadukan antara bahasa dan irama. 

Musik sebagai bahasa yaitu seni yang dihasilkan dengan memadukan bahasa dan irama, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi, penyampai aspirasi yang dilantunkan dalam sebuah nada, musik sebagai bahasa juga berfungsi sebagai bahasa persatuan dan dapat menyatukan berbagai daerah. Musik adalah bahasa universal bagi kebanyakan manusia, dimana lantunannya menghasilkan bunyi atau suara merdu yang teratur. 

Dikatakan juga musik sebagai bahasa karena dapat menyatukan komunikasi lewat lirik lagunya, misalkan lirik lagu tentang kesedihan, kesenangan dan lainnya maka dari itu kita bisa merasakan lewat bahasa yang digunakan dalam lirik tersebut. Dan karena bahasa kita mampu berkomunikasi dengan baik. 

Musik merupakan bahasa universal. Seperti contoh ada Orang Sunda, mereka akan mengatakan amis jika melihat perempuan-perempuan cantik, berbeda hal nya dengan perempuan Jawa, mereka akan marah apabila dikatakan amis karena amis itu kata yang digunakan untuk ikan. Padahal makna amis dalam bahasa Sunda itu “manis”. Kebiasaan-kebiasaan orang India itu menggeleng-gelengkan kepala untuk menjawab “ya”, tetapi berbeda dengan orang Indonesia, mereka akan menjawab “ya” dengan mengangguk-anggukan kepala. Itulah kenapa musik dikatakan sebagai bahasa universal. 

Di Indonesia setiap daerah memiliki kekhasan nya masing-masing, baik itu daerah bahasanya, kebiasaan, adat istiadat, ataupun yang lainnya. Nah begitupun dengan musik. Musik juga memiliki jenis-jenis yang berbeda untuk menunjukan kekhasan dalam suatu daerah. Misalnya, jenis musik klasik, jenis musik ini merujuk pada daerah seperti negara eropa, persia, india, dan lain-lain. Kedua, jenis musik jazz, jenis musik ini muncul karena adanya penggabungan dari genre lain, ada juga jenis musik blues, country, techno dan lain-lain. Dari jenis-jenis musik tersebut bisa disimpulkan bahwasanya musik sebagai bahasa karena memiliki beragam jenis yang menjadi perbedaan disetiap daerah dan dari itu juga bisa dikatakan bahwa musik itu sebagai bahasa. Selain melalui bahasa, ekspresi manusia bisa diwujudkan dalam bentuk sebuah musik. Musik dan bahasa memiliki kesamaan didalamnya, yaitu sesuatu yang akan dikomunikasikan kepada seseorang atau sekelompok orang. Jadi musik bisa dikatakan sebagai bahasa karena fungsi dari musik yaitu menjadi alat komunikasi dengan menggunakan bahasa. Biasanya berkomunikasi dengan musik bisa menggunakan musik yang bersifat verbal atau non verbal. Musik verbal yaitu musik yang diutarakan melalui kata-kata yang diiringi oleh irama yang indah dan dilantunkan oleh penyanyi yang memiliki suara merdu. Sedangkan musik non verbal yaitu musik yang hanya menggunakan instrumen saja, tetapi ada juga seni musik yang menggunakan alat-alat musik tertentu sesuai dengan yang akan dilantunkannya. Jadi dapat disimpulkan kembali bahwa musik bisa termasuk kedalam bahasa.(3)

Ada juga yang mengatakan bahwasanya musik itu bisa diibaratkan sebagi bahasa tubuh. Karena mungkin dengan cara ini seseorang bisa mengungkapkan isi hati yang ingin disampaikan, yang seharusnya disampaikan dengan berbicara tetapi dalam hal ini seseorang tersebut ingin mengungkapkannya melalui karya-karya seni yaitu lewat musik. Bisa saja seseorang itu menggunakan bahasa tubuh dengan memainkan alat musik sehingga dapat menciptakan sebuah karya yang dapat dinikmati oleh semua kalangan yang kondisinya sama dengan pencipta karya tersebut. Bukannya berkarya dalam alat-alat musik, seseorang juga bisa menggungkap bahasa tubuhnya lewat rangkaian-rangkaian lirik lagu yang memiliki keterikatan antara pendengar dan pencipta. Dimana dalam kesempatan tersebut seseorang mengungkap isi hatinya melalui lirik lagu yang mudah dinikmati oleh semua kalangan. Selain itu, dalam kesempatan lain juga seseorang dapat berkreasi dan berinovasi dibidang seni tersebut dan juga bisa meningkatkan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Dalam tulisan sederhana ini saya menguraikan pembahasan tentang analisis musik sebagai bahasa. Seperti yang sudah disampaikan bahwa musik bisa menjadi bahasa universal yang mana bisa diartikan bahwa musik itu bisa dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi sesama manusia. Inti terpenting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari baik dalam ruang lingkup keluarga ataupun masyarakat yaitu berkomunikasi dengan baik. Agar setiap pekerjaan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang memuaskan maka harus ada komunikasi dengan baik. Peran musik didunia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan dalam menjalani kehidupan musik bisa menjadi suatu hal yang bersufat keharusan bahkan menjadi konsumsi kita dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari musik membawa pengaruh baik bagi si penikmat, coba sesekali kita dengarkan dan pahami kata demi kata setiap liriknya. Setiap kita mendengarkan musik dan kadang musik tersebut membawa pengaruh kebahagian, kesenangan, menjadikan kita lebih bersemangat, menambahkan gairah dalam melaksanakan aktifitas. Maka dari itu sudah terbukti dalam berbagai contoh disampaikan bahwa musik menjadi bahasa atau bahkan musik sebagai bahasa. Sebetulnya melihat dari contoh-contoh tersebut suatu saat nanti nampaknya akan muncul bahasa baru yang menjembatani semua bahasa dengan menggunakan nada. 

Sudah lumayan berkembang bukan seni musik ini? Kita tidak tahu berapa tahun kedepan seni musik ini akan lebih canggih. Untuk sekarang mungkin musik hanya bisa digunakan alat komunikasi sesama manusia, tapu mungkin suatu saat nanti musik bisa dijadikan sebagai alat komunikasi antara manusia dengan hewan dan juga hewan dengan hewan. 

Penutup

Dilihat dari beberapa penjelasan terkait analisis musik sebagai bahasa yang sudah disampaikan dan dituliskan oleh penulis, dan dari penjelasan tersebut kita bisa mengambil hasil bahwasanya musik sebagai bahasa karena memiliki beberapa hal yang menjadikan musik tersebut sebagai bahasa. Dimana penjelasan diatas menjelaskan bahwa musik sebagai bahasa karena sebuah bunyi yang disatukan dengn penggunaan bahasa yang diiringi oleh irama-irama dan dilantunkan oleh penyanyi sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk anak kecil. Karena sudah disampaikan juga bahwasanya musik itu menjadi alternatif manusia dalam menyampaikan perasaan hidupnya, baik itu perasaan sedih, bahagia, dan lainnya yang dikolaborasikan antara musik dan bahasa. Selain itu musik juga sangat memberikan pengaruh dalam pembelajaran. Musik sebagai bahasa bisa dijadikan sebagai media untuk melaksanakan pembelajaran karena dengan menggunakan media musik pembelajaran dapat dilaksanakan dengan mudah dan dapat dipahami oleh peserta didik dan juga menjadikan suasana kelas tidak membosankan. Selain itu juga musik termasuk kedalam media audio dalam pembahasan pembelajaran.

Tidak terlalu banyak yang akan dipaparkan oleh penulis dalam tulisan sederhana ini, karena penulis sendiri menyadari akan banyaknya kekurangan yang ada dalam diri penulis.  

Daftar Pustaka

  1. Halimah Lely. musik dalam pembelajaran [Internet]. 22062021. p. Edu humaniora. Available from: https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2763
  2. boe,malang  p4tk. membangun komunikasi efektif dalam menentukan keberhasilan pembelajaran [Internet]. 23062021. p. p4tk boe malang. Available from: https://p4tkboe.kemdikbud.go.id/p4tkboe/index.php?option=com_content&view=article&id=116:membangun-komunikasi-efektif-dalam-menentukankeberhasilan-pembelajaran&catid=28&Itemid=101
Cara Mengutip Artikel ini

Maulida, N (2021 Agustus 3) Analisis Musik sebagai Bahasa. Retrieved from https://mitrapalupi.com/analisis-musik-sebagai-bahasa

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply