Anak Batuk? Eits ga perlu dokter sebelum ini

You are currently viewing Anak Batuk? Eits ga perlu dokter sebelum ini
0
(0)

Cara mengatasi batuk kering pada anak sebenarnya dapat dilakukan di rumah oleh orang tua. Jadi, Anda tidak perlu langsung ke dokter. Namun, jika batuk sudah berlangsung kronis (lebih dari 2 minggu), atau ada gejala lain yang menyertai seperti sesak napas, periksakan segera kondisi anak ke dokter. Lalu, bagaimana cara mengobati batuk kering pada anak secara alami tanpa harus ke dokter? 

1. Minum Air Putih

Jangan sepelekan manfaat air putih. Pada anak yang mengalami batuk, minum air dapat membantu mencukupi hidrasi harian. Bila sebelumnya anak mengalami batuk kering, lalu mulai muncul dahak, maka minum air putih dapat mengencerkan dahak sehingga mudah diserap atau dikeluarkan.

2. Mengatur Suhu Udara Ruang

Pada sebagian anak, terutama pada anak dengan alergi, batuk kering akan lebih berat jika anak berada dalam suhu udara dingin. Untuk itu, salah satu cara mengatasi batuk kering pada anak adalah dengan mengatur suhu udara ruang agar tidak terlalu dingin.

3. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Menggunakan pakaian yang sesuai juga penting untuk menjaga suhu dan kenyamanan tubuh anak. Pastikan anak mengenakan pakaian yang nyaman dan hangat, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, sehingga membantu proses penyembuhannya. 

4. Menghindari Pemicu Batuk

Pada anak yang sedang batuk, beberapa paparan dapat memicu batuk, misalnya debu, bulu hewan, asap rokok, udara dingin, atau makanan tertentu. Menghindari hal-hal ini tentunya dapat mencegah sekaligus menjadi cara meredakan batuk kering pada anak.

5. Menghirup Uap Air Hangat

Tahukah Anda, menghirup uap air hangat dapat bermanfaat untuk anak yang sedang batuk? Dengan menghirup uap air hangat, maka akan membuat kerongkongan anak lebih nyaman.

6. Minum Air Perasan Lemon atau Jeruk Nipis

Minum perasan lemon atau jeruk nipis dapat menjadi cara mengatasi batuk kering pada anak. Pasalnya, kandungan vitamin C pada buah ini dapat berperan sebagai antioksidan sehingga bisa membantu proses penyembuhan. 

7. Minum Madu

Madu merupakan asupan alami berkhasiat yang dapat diberikan pada anak yang mengalami batuk. Selain terdapat kandungan fruktosa yang dapat memberikan energi kepada anak, madu juga menyimpan zat antioksidan dan antibakteri yang bisa membantu penyembuhan.

8. Minum Teh Hangat

Cara mengatasi batuk kering pada anak berikutnya adalah dengan memberikan teh hangat. Minum teh hangat dapat membantu menghangatkan tubuh anak yang mengalami batuk serta membuat tenggorokannya lebih nyaman. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon atau madu ke dalam teh hangat, agar khasiatnya lebih banyak.

9. Menggunakan Balsam Penghangat

Balsam penghangat yang mengandung berbagai ekstrak tanaman herbal juga baik untuk membantu proses penyembuhan anak yang mengalami batuk. Dengan menggunakan balsam penghangat, hidung dan tenggorokan anak akan terasa lebih lega. Juga membantu menghangatkan tubuh anak sehingga ia lebih nyaman.  

10. Menghindari Keluar Rumah

Polusi, hujan, dan udara dingin dapat memperlambat proses penyembuhan anak yang mengalami batuk. Agar batuk kering anak cepat mereda, sebaiknya hindari bepergian ke luar rumah terlalu sering, kecuali untuk hal-hal mendesak.

11. Memberikan Nutrisi Seimbang

Cara mengatasi batuk kering pada anak secara alami dapat dilakukan dengan memberikan nutrisi seimbang. Nutrisi seimbang dalam jumlah cukup terdiri dari makronutrien dan mikronutrien, dan perlu diberikan kepada anak yang sedang sakit maupun anak yang sehat.

12. Istirahat yang Cukup

Untuk mempercepat proses penyembuhan, istirahat yang cukup juga penting bagi anak yang sedang batuk. Saat istirahat, tubuh lebih efektif dalam melawan berbagai kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Demikian beberapa cara mengatasi batuk kering pada anak yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah. Apabila keluhan masih ada, bahkan memburuk, jangan tunda untuk memeriksakan kondisi buah hati ke dokter.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?